Sejarah Ilmu Komunikasi di Indonesia

Dibandingkan dengan jurusan-jurusan lainnya di lingkungan fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, jurusan komunikasi sebenarnya merupakan jurusan yang tergolong"tertua". Sebutan jurusan ilmu komunikasi baru dikenal pada sekitar tahun 1970-an. Sementara sebelumnya populer dengan sebutan Jurusan Publistik atau Jurnalistik.
        Menurut laporan" perkembangan Ilmu Komunikasi di Indonesia" yang dibuat oleh Tim ISKI Semarang, ilmu komunikasi telah diajarkan pada Akademi Ilmu Politik di Yogyakarta pada tahun 1946. Tahun 1950, akademi tersebut kemudian menjadi bagian sosial politik dari Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada, di mana penerangan menjadi salah satu jurusan yang ada di dalamnya. Perguruan tinggi berikutnya yang menyelenggarakan pendidikan komunikasi adalah perguruan tinggi Djurnalistik di Jakarta yang didirikan pada tanggal 5 September 1963. Kini perguruan tinggi ini namanya telah berubah menjadi Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang memiliki Fakultas Komunikasi.
        Di Universitas Indonesia, pendidikan komunikasi telah dimulai tahun 1959 dengan dibukanya jurusan Publisistik pada Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan. Dibukanya jurusan Publisistik ini sekaligus merupakan awal dari munculnya fakultas baru di lingkungan Universitas Indonesia, yakni Fakultas Ilmu Pengetahuan Kemasyarakat(FIPK). Empat tahun kemudian sebutan Fakultas IPK diganti menjadi Ilmu-ilmu Sosial(FIS-UI), dan sejak tahun 1983 nama FISUI ini diubah lagi perubahan nama fakultas, sebutan jurusan Publisistik pun ikut berganti menjadi Departemen Komunikasi Massa(1972), dan kemudian menjadi Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP-UI pada tahun 1983.
        Di Bandung, Jawa Barat, Pendidikan Komunikasi dimulai pada tahun 1960 dengan didirikan Fakultas Djurnalistik dan Publisistik yang berbeda naungan Yayasan Pembina Universitas Padjajaran. Fakultas ini kemudian menjadi Institut Publisistik, dan tanggal 3 November 1965, diubah statusnya menjadi Fakultas Publisistik Universitas Padjajaran. Kini namanya telah berubah menjadi Fakultas Ilmu Komunikasi(FIKOM-UNPAD). Pada tahun-tahun berikutnya perguruan tinggi baik negeri ataupun swasta yang menyelenggarakan pendidikan komunikasi semakin banyak jumlahnya. Menurut data yang ada kini terdapat sekitar 70 perguruan tinggi/sekolah tinggi/akademi(negeri dan swasta) yang menyelenggarakan pendidikan komunikasi.