Contoh peristiwa komunikasi

Banyak contoh kejadian dalam kehidupan manusia sehari-hari yang dapat dinyatakan sebagai peristiwa komunikasi. Berikut adalah beberapa di antaranya:
1. Seorang bayi menangis di tengah malam. Ia baru berhenti menangis setelah disusui oleh ibunya.
2. Seorang pengendara mobil ditilang oleh polisi karena ia melanggar aturan rambu-rambu lalu lintas.
3. Seorang ibu yang sedang berjalan, berhenti sejenak dan mengamati beberapa buah poster tentang KB dan imunisasi yang terpampang di papan pengumuman di halaman Puskesmas.
4. Seorang bapak duduk di serambi rumahnya sambil membaca surat kabar.
5. Seorang ibu guru mengajar Matematika kepada murid-muridnya di dalam kelas.
6. Seorang bapak tampak bergumam dan menunjukkan kedua tangannya ke atas sambil menggeleng-gelengkan kepalanya, sementara si ibu di sebelahnya menangis tersedu-sedu.
7. Puluhan orang, tua muda, laki-laki, perempuan berkerumunan di halaman balai desa menonton acara TV.
8. Beberapa orang muda asyik menari dan menyanyi di pinggir pantai. 9. Seorang bapak tampak tenang menonton TV, sementara istrinya kelihatan gelisah keluar masuk kamar tidur.
10. Seorang pelukis asyik menggambar pemandangan di tepi pantai.
11. Seorang ibu asyik bercakap-cakap melalui telepon dengan anaknya yang berada di luar negeri.
12. Seorang direktur perusahaan berdiskusi dengan para manajer bawahannya dalam sebuah rapat.
13. Menteri Perhubungan, Kepala Kepolisian RI, dua orang wartawan dan dua orang pengamat masalah hukum dan sosial berdiskusi membahas Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya yang baru dalam acara forum dialog yang ditayangkan SCTV.
14. Seorang petugas penyuluhan KB memberikan penjelasan tentang seluk beluk penggunaan IUD kepada sepasang suami-istri muda sambil menunjukkan gambar-gambar yang ada dalam "Flipchart".
15. Ribuan orang mengunjungi Pameran Produk ekspor di arena jakarta fair yang menggelarkan berbagai jenis produk buatan Indonesia.
16. Ribuan mahasiswa berdemonstrasi ke DPR menuntut agar salah satu misi reformasi, yakni pemberantasan KKN dijalankan secara tuntas.
17. Menyusul pemberitaan yang hangat di surat kabar, majalah, radio, dan TV dalam dan luar negeri tentang kasus pemboman di kuta. bali yang menewaskan ratusan turis asing, muncul serangkaian demonstrasi menentang terorisme di Australia dan Inggris.