Jenis dan Ciri-Ciri Iklim di indonesia

Iklim di indonesia terdiri atas iklim musim(muson), iklim tropika(iklim panas), dan iklim laut.
 A. Iklim musim
 Iklim ini terjadi karena pengaruh angin musim yang bertiup berganti arah tiap-tiap setengah tahun sekali.Angin musim di Indonesia terdiri atas angin musim barat daya dan angin musim timur laut.
1. Angin musim barat daya
    Angin musim barat daya yang bertiup antara bulan oktober sampai april sifatnya basah .Pada bulan-bulan tersebut,Indonesia mengalami musim penghujan. 2. Angin musim timur laut
     Angin musim timur laut yang bertiup antara bulan april sampai oktober,sifatnya kering.Akibatnya Indonesia mengalami musim dan kemarau.
 B. Iklim tropika
    Indonesia terletak di sekitar garis khatulistiwa.Akibatnya, Indonesia  termasuk daerah tropis.Iklim tropika ini berakibat banyak curah hujan yang disebut Hujan Naik Tropika.
C. Iklim laut
     Negara indonesia adalah negara kepulauan.Sebagian besar tanah daratan Indonesia dikelilingi oleh laut atau samudera.Itulah sebabnya di Indonesia terdapat iklim laut.Sifat iklim ini lembab dan banyak mendatangkan hujan. Berikut ciri-ciri iklim di Indonesia:
  1. Dipengaruhi oleh pergerakan peredaran matahari yang menyebabkan perubahan pola angin sehingga terdapat 2 musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.
  2. Wilayah Indonesia yang terdiri atas pulau-pulau menyebabkan Indonesia bersifat menengah dan memiliki variasi yang banyak.
  3. Di beberapa pulau besar, seperti Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua terdapat gunung-gunung yang tinggi sehingga memengaruhi variasi unsur iklim di setiap wilayahnya.