Karakteristik Isi Media Massa

Khalayak akan tertarik membaca surat kabar/majalah, menonton suatu program acara TV atau mendengarkan siaran radio, apabila pesan yang disampaikan media tersebut mengandung unsur-unsur sebagai berikut:
1. Novelty(Sesuatu yang Baru)
Sesuatu yang"baru" merupakan unsur yang penting bagi suatu pesan media. Sebagai contoh, ketika terjadi perang korut dan korsel, MNC TV menyiarkan laporan terakhir perkembangannya. Dan pula TV ONE menyiarkan langsung peristiwa berita lainnya.
Sedangkan media cetak menyajikan dengan cara menunda deadline sehingga bisa membuat berita yang dianggap penting tersebut. Juga mengenai RRI yang menyediakan program berita yang sama atau khalayak mengetahui adanya fakta baru.
2. Jarak(Dekat atau Jauh)
Jarak terjadinya suatu peristiwa dengan tempat publikasinya peristiwa itu, mempunyai arti penting. Contoh: peristiwa perkelahian pelajar di Jakarta akan lebih menarik perhatian masyarakat di Jakarta daripada di Ambon.
3. Popularitas
Peliputan tentang tokoh, organisasi/kelompok, tempat dan waktu yang penting dan terkenal akan menjadi berita besar atau menarik perhatian masyarakat. Contohnya : Penangkapan Raffi Ahmad terkena narkoba bersama temannya. Masyarakat akan mencari tahu perkembangan idolanya.
4. Pertentangan(Conflict)
Hal-hal yang mengungkapkan pertentangan, baik dalam bentuk kekerasan ataupun menyangkut perbedaan pendapat dan nilai, biasanya disukai oleh khalayak. Gosip perkelahian Dewi Persik dan Julia Perez, Konflik perang di Timur Tengah dan Pemilu presiden.
5. Komedi(Humor)
Manusia pada dasarnya tertarik dengan hal-hal yang lucu dan menyenangkan. Unsur-unsur komedi ini, antara lain mencakup: ketidakwajaran, ketololan, keadaan memalukan dan sebagainya.
6. Seks dan Keindahan
Salah satu sifat manusia adalah menyenangi unsur seks dan keindahan atau kecantikan sehingga kedua unsur tersebut bersifat universal. Contoh tabloid dan majalah-majalah seperti Citra, Nova, Gadis, Femina selalu menampilkan gambar wanita cantik.
7. Emosi
Hal-hal yang berkaitan dan menyentuh kebutuhan dasar(basic needs) manusia, seringkali bisa menimbulkan emosi dan simpati masyarakat. Seperti bencana kelaparan di Somalia, Pembantaian di Suriah, Bencana banjir bandang di Wasior.
8. Nostalgia
Adalah menunjuk pada hal-hal yang mengungkapkan pengalaman di masa lalu. Misalnya, orang yang lahir pada tahun 1985 akan menyukai lagu top tahun 1995 an ke atas.
9. Human Interest
Setiap orang pada dasarnya ingin mengetahui segala peristiwa atau hal yang menyangkut kehidupan orang lain. Gambaran tentang kehidupan orang ini(cerita-cerita human interest) dapat dikemas dalam bentuk berita, feature, biografi dan berbagai bentuk acara deskriptif lainnya. Keahlian wartawan dalam menuliskan unsur human interest sangat perlu.