Jenis Komunikasi Gestura

Komunikasi gestura: yaitu isyarat atau tanda yang berdasarkan keaslian, fungsi, dan bentuk perilakunya komunikasi gestura terdiri dari:
a. Emblem
Emblem adalah tanda-tanda yang akan menggantikan kata-kata atau frase-frase secara langsung. Misalnya, tanda setuju dengan lingkaran ibu jari, tanda perdamaian dengan membentuk huruf"V" dengan jari, ajakan dengan melambaikan tangan.
b. Ilustrator
Ilustrator berhubungan dengan upaya untuk menggambarkan suatu pesan. Contohnya, apabila kita ingin menggambarkan bola dunia kita memberikan ilustrasi dengan tangan membentuk lingkaran, menggambarkan panjangnya Kereta Api Mutiara dengan merentangkan kedua tangan.
c. Penampilan afeksi
Penampilan Afeksi adalah gerakan-gerakan wajah yang mengekspresikan makna-makna emosi, marah, ketakutan, bahagia, kaget, hasrat, atau kelelahan.
d. Regulator
Regulator adalah jenis perilaku nonverbal, yang bersifat mengatur(monitor, menjaga, atau mengontrol) dalam pembicaraan dengan orang lain. Seperti, di dalam percakapan kita tidak pasif, menatap mata, menggelengkan dan membuat berbagai paralaguage seperti suara " mm....,cck....,cck..."
e. Adaptor
Adaptor adalah perilaku verbal yang dilakukan untuk menciptakan rasa nyaman dalam memenuhi kebutuhan tertentu. Misalkan merokok, pada saat menghadapi ujian, menggaruk kulit yang gatal, membetulkan letak kaca mata.