Tipe Ekosistem Lautan

Ekosistem akuatik terbagi atas ekosistem perairan laut dan ekosistem perairan tawar. Terdapat 3 tipe ekosistem lautan yaitu
a. Ekosistem laut dangkal. Ekosistem inu hanya merupakan bagian kecil dari ekosistem laut, yang umum terdapat di sepanjang garis pantai. Lebih banyak spesies dibanding ekosistem laut lainnya. Pada ekosistem ini dijumpai estuaria yang merupakan pertemuan perairan tawar dan perairan laut dengan Keanekaragaman jenis tumbuhan, alga dan mikroorganisme yang tinggi, yang merupakan pemasok makanan terbesar bagi hewan-hewan baik di estuaria maupun di laut terbuka.
b. Ekosistem laut terbuka. Ekosistem ini kaya akan plankton, yang sebagian besar terdapat pada kedalaman 100 m di lautan. Beberapa plankton  merupakan algae dan bakteri fotosintesis.
c. Ekosistem laut dalam. Hanya beberapa spesies organisme yang terdapat pada ekosistem ini, karena penetrasi cahaya matahari hanya mencapai maksimal 300 m. Banyak organisme laut dalam bersifat bioluminesens yang berguna untuk pertahanan tubuh dan menarik perhatian calon mangsanya.