Model Atom Rutherford

Berdasarkan atas percobaan-percobaan Rutherford, maka Rutherford berkesimpulan:
1. Atom terdiri atas inti bermuatan positif yang sangat kecil dibandingkan dengan ukuran keseluruhan atom, dan dikelilingi oleh distribusi elektron yang jumlahnya sama dengan jumlah muatan inti.
2. Model ini dapat dianggap analog dengan sistem tatasurya dengan matahari sebagai inti yang dikelilingi oleh planet-planetnya sebagai elektron.
3. Karena jumlah elektron sama dengan muatan inti, maka muatan atom secara keseluruhan adalah netral.
4. Menurut Rutherford kebanyakan massa atom terkonsentrasi pada inti.

Model ini dapat menerangkan terjadinya penghamburan sinar a  dan dapat dipakai untuk menghitung muatan inti beberapa atom. Tetapi dari segi teori dinamika klasik sukar menerangkan inti atom dengan muatan positif dapat berdekatan dengan elektron bermuatan negatif. Karena dalam keadaan diam akan ada tarik-menarik muatan. Rutherford mengajukan model dimana elektron bergerak mengelilingi inti dan dengan adanya gaya sentrifugal elektron tidak jatuh ke inti. Akan tetapi model ini tidak sesuai dengan prinsip fisika yang sudah diketahui sampai tahun 1911 yaitu model atom Rutherford tidak akan stabil. Di samping itu menurut hukum elektromagnetik, suatu partikel bermuatan yang bergerak akan memancarkan radiasi terus-menerus dan kecepatannya akan berkurang sehingga suatu saat elektron akan jatuh ke inti.