Percobaan Menghasikan Neutron

Meskipun sifat proton sudah diketahui, peranan partikel positif ini dalam struktur materi masih kurang jelas pada masa itu. Model dari susunan partikel positif dan negatif dalam atom akhirnya diperoleh dari hasil percobaan Rutherford(1911) yang dikenal dengan percobaan hamburan sinar @ (sinar alfa). Pada percobaan ini sinar @ dijatuhkan pada lempeng emas. Emas dipilih karena logam ini dapat ditempa menjadi lempeng yang sangat tipis sampai setebal ~ 100 atom. Ada tiga hal yang diamati dalam percobaan ini yaitu hampir semua partikel alfa dapat menembus lempeng emas(sebagian besar partikel sinar @ bergerak lurus), hanya sebagian kecil dari sinar a yang dibelokkan dan sejumlah kecil dari partikel alfa dipantulkan kembali.

Dari percobaan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa:

  1. Karena sebagian besar sinar @ tidak dibelokkan atau menembus lempengan emas, maka yang menyebabkan pembelokan sinar @ adalah bagian kecil dari atom.
  2. Pembelokan sebagian kecil sinar @ disebabkan oleh tabrakan dengan inti atom yang bermuatan positif dan ukurannya sangat kecil. Karena sinar @ bermuatan negatif, maka inti atom yang bermuatan positif akan menarik sinar @ dan membelokkan arah pergerakan sinar @. Tetapi karena jumlah sinar @ yang dibelokkan hanya sebagian kecil, maka inti atom disimpulkan juga berukuran kecil.
  3. Partikel alfa tidak banyak yang dihamburkan/dipantulkan oleh elektron, karena elektrin bermuatan sama dengan sinar @ ( bermuatan listrik -), maka partikel sinar @ yang mendekat ke elektron akan dipantulkan. Massa elektron yang sangat kecil dibandingkan massa atom, menyebabkan hanya sedikit sekali sinar @ yang dapat dipantulkan.