Bagian dan Fungsi Register Suara

Unsur teknik vokal yang dapat menunjang dalam melakukan latihan perluasan wilayah nada adalah register suara.
Register suara ialah proses terjadinya penyesuaian disposisi pada pita suara yang disebabkan mendapat aliran udara, sehingga dapat menghasilkan suara rendah, suara sedang dan suara tinggi.
Jika kita menyanyikan sederetan nada-nada dari yang paling tinggi yang bisa kita jangkau, maka bila diperhatikan dengan baik, kita akan merasakan pada peralatan suara kita terjadinya penyesuaian-penyesuaian disposisi menurut yang diperlukan agar bisa menghasilkan nada-nada itu seluruhnya. Pada deretan nada yang paling bawah sampai yang paling tinggi secara komplit orang memerlukan tiga disposisi.
Register suara dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu :
1. Register bawah(dada) : berfungsi untuk menghasilkan suara rendah.
2. Register falset : berfungsi untuk menghasilkan suara sedang
3. Register kepala : berfungsi untuk menghasilkan suara tinggi

Masing-masing register itu selain berbeda letak tinggi nadanya, juga berbeda timbre(warna suara) dan resonansinya. Penyanyi yang belum terlatih suaranya, biasanya akan mengalami kekurang lancaran perbatasan antara register yang satu dengan register berikutnya. Untuk itulah diperlukan latihan-latihan suara yang maksudnya untuk melicinkan daerah-daerah perbatasan antara register-register itu dan untuk mencapai keseragaman warna di dalam ketiga register itu.