Seorang peserta didik mengalami gangguan pencernaan dengan gejala nyeri di ulu hati,

mual, tidak nafsu makan, dan perut terasa kembung. Berdasarkan gejala-gejalanya peserta didik tersebut didiagnosis menderita suatu penyakit yang menyerang organ pencernaan. Oleh karena itu, sebaiknya peserta didik tersebut menerapkan pola hidup sehat serupa
makan secara teratur
Pembahasan:
Penyakit gastritis dapat menimbulkan berbagai gejala. Pada kasus akut, gejala yang sering muncul biasanya adalah nyeri di ulu hati, mual, muntah, tidak nafsu makan, kembung, penurunan berat badan, dan perih atau sakit seperti terbakar pada perut bagian atas yang dapat menjadi lebih baik atau lebih buruk ketika makan. Adapun pada kasus kronis biasanya tanpa gejala, kalaupun ada hanya sakit yang ringan pada perut bagian atas dan terasa penuh atau tidak selera makan.

Penyakit mag dapat dicegah dengan cara makan teratur, makan tidak berlebihan, menghindari makanan yang terlalu asam dan pedas, mencuci tangan sebelum makan, dan menghindari stres. Penyakit mag yang dipicu infeksi bakteri Helicobacter pylori dapat diobati dengan antibiotik sesuai resep dokter.