Prinsip-Prinsip Organisasi

Prinsip-prinsip organisasi meliputi beberapa hal sebagai berikut:
1. Mempunyai tujuan yang jelas.
Organisasi dibentuk atas dasar adanya tujuan yang ingin dicapai. Misalnya, organisasi pelayanan kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas. Kedua organisasi tersebut mempunyai tujuan yang ingin dicapai, antara lain memberikan pelayanan kesehatan yang cepat dan berkualitas.
2. Memiliki struktur organisasi.
Dalam suatu organisasi harus ada garis kewenangan yang jelas mulai dari pimpinan hingga sampai pelaksana. Dengan demikian, ada kejelasan dalam pendelegasian wewenang dan tanggung jawab. Adanya struktur organisasi akan menunjang efektivitas jalannya organisasi secara keseluruhan.
3. Memiliki Pembagian Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab.
Untuk mencapai tujuan yang direncanakan, suatu organisasi melakukan berbagai aktivitas atau kegiatan. Agar kegiatan tersebut dapat berjalan optimal maka dilakukan pembagian tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang didasarkan pada kemampuan dan keahlian dari masing-masing anggota.
4. Bersifat fleksibel.
Suatu organisasi harus senantiasa tumbuh dan berkembang sesuai dengan dinamika organisasi itu sendiri (internal factor) dan juga pengaruh dari luar organisasi (external factor). Dengan demikian, organisasi tersebut mampu menjalankannya fungsi dalam mencapai tujuannya.
5. Memiliki Kepemimpinan
Dalam suatu organisasi apapun bentuknya diperlukan adanya kepemimpinan. Suatu organisasi mampu menjalankan aktivitasnya karena adanya proses kepemimpinan yang digerakkan oleh pemimpin organisasi tersebut.