Fungsi dan Jenis Mesin Absensi

Mesin absensi digunakan untuk menangani data absensi untuk melakukan pencatatan kehadiran pegawai atau karyawan waktu masuk kantor dan pulang kantor.

Ada beberapa jenis mesin antara lain sebagai berikut:
1. Mesin absensi dengan menggunakan ID Card atau kartu tanda pengenal.
Mesin dengan sebuah jam digital yang terdapat di depan mesin yang menunjukkan waktu pada saat itu dan tempat menggesek kartu tanda pengenal magnetik (terdapat di samping atau atas mesin). Pengoperasiannya masing-masing pegawai dan karyawan menggesek ID Card lalu secara otomatis data akan terkirim ke komputer.
2. Mesin dengan menggunakan pengenalan sidik jari (finger print).
Mesin ini dilengkapi dengan laporan kehadiran harian dan periodik. Informasi yang dihasilkan dapat menjadi riwayat kehadiran karyawan, jam kerja karyawan, dan menjadi dasar perhitungan gaji dan lembur karyawan. Untuk mengoperasikan mesin ini masing-masing pegawai menscan sidik jarinya kemudian menekan nomor pegawai yang mana secara otomatis data dan waktu kehadiran dan pulang akan terkirim ke komputer untuk diproses.
3. Mesin absensi kartu.
Mesin ini menggunakan mesin absensi dengan sistem ceklok. Jadi pegawai yang ingin mengisi kartu jam hadir harus memasukkan kartu jam hadir ke mesin absensi atau mesin almano, dan secara otomatis kartu jam hadir akan mencetak jam hadir atau pulang karyawan sesuai dengan jam kantor. Kelebihan dari mesin absensi kartu ini adalah mudah digunakan, selain itu pegawai atau pekerja tidak bisa menulis waktu hadir atau pulang dengan sekehendak hati.