Manfaat dan Tujuan Tata Ruang Kantor
Tata ruang kantor yang baik akan menimbulkan keuntungan-keuntungan bagi suatu organisasi atau instansi yang bersangkutan dalam menyelesaikan pekerjaan. Berikut ini beberapa manfaatnya, yaitu:
1. Memungkinkan pemakaian ruang kerja secara efisien, yaitu suatu luas lantai tertentu dapat dipergunakan untuk keperluan yang sebanyak-banyaknya.
2. Mencegah para pegawai di bagian lain terganggu oleh publik yang akan menemui suatu bagian tertentu.
3. Mencegah penghamburan tenaga dan waktu para pegawai karena berjalan mondar-mandir yang sebenarnya tidak perlu.
4. Menjamin kelancaran proses pekerjaan yang bersangkutan.
Tujuan perkantoran merupakan syarat-syarat yang hendaknya dipenuhi dalam setiap tata ruang kantor yang baik. Tujuan itu antara lain sebagai berikut:
1. Kesehatan dan kepuasan bekerja para pegawai dapat terpelihara.
2. Pengawasan terhadap pekerjaan dapat berlangsung secara memuaskan.
3. Pihak luar yang mengunjungi kantor yang bersangkutan mendapat kesan yang baik tentang organisasi itu.
4. Susunan tempat kerja dapat dipergunakan untuk berbagai pekerjaan dan mudah diubah sewaktu-waktu diperlukan.
5. Pekerjaan di kantor itu dalam proses pelaksanaannya dapat menempuh jarak yang sependek mungkin.
6. Rangkaian aktivitas tata usaha dapat mengalir secara lancar.
7. Segenap ruang dipergunakan secara efisien untuk keperluan pekerjaan.