Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli
Pengertian administrasi menurut William Leffingwell dan Edwin Robinson, Ulbert, Arthur Grager, George Terry, Sondang P. Siagian adalah sebagai berikut:
1. Menurut William Leffingwell dan Edwin Robinson, administrasi adalah suatu cabang ilmu manajemen yang berkenaan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efektif dan efisien, kapan serta dimana pekerjaan tersebut harus dilakukan.
2. Menurut Ulbert, administrasi ialah suatu penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis baik internal maupun eksternal dengan tujuan menyediakan keterangan serta memudahkan untuk memperoleh kembali baik sebagian maupun menyeluruh.
3. Menurut Arthur Grager, administrasi adalah suatu fungsi tatanan penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat suatu organisasi.
4. Menurut George Terry, administrasi adalah suatu perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakan agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
5. Menurut Sondang P. Siagian, administrasi adalah keseluruhan dari proses kerja sama antara dua orang atau lebih berdasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.