Pengertian dan Macam Biaya Peluang (Ekonomi)

Biaya peluang adalah suatu ukuran dari biaya ekonomi yang harus dikeluarkan dalam rangka memproduksi suatu barang atau jasa tertentu dalam kaitannya dengan alternatif lain yang harus dikorbankan. Misalnya, jika kita memilih menggunakan uang kita untuk membeli makanan, maka kita kehilangan biaya peluang untuk membeli pakaian dari uang tadi. Artinya, biaya peluang merupakan biaya yang dikorbankan untuk memperoleh sesuatu yang lain.

Berikut macam-macam biaya peluang:
  1. Biaya peluang bagi konsumen, akan muncul saat seorang konsumen menentukan beberapa alternatif terhadap barang dan jasa dalam memenuhi kebutuhan. Oleh karena penghasilan dan kesempatan terbatas, maka ketika memenuhi kebutuhan setiap orang dihadapkan pada beberapa pilihan, inilah yang nantinya menjadi biaya peluang.
  2. Biaya peluang bagi produsen, merupakan manfaat atau kesempatan lain yang dikorbankan, karena memproduksi suatu jenis barang/jasa. Pengorbanan disini merujuk pada kesempatan atau keuntungan lain jika memproduksi jenis produksi lain dengan menggunakan sumber daya produksi yang ada. Misalkan disini, Arlan memutuskan untuk memproduksi sepatu dibanding menjalankan usaha restoran. Pada bagian ini, Arlan telah mengorbankan kesempatan untuk menjalankan usaha restoran.