Work sheet atau neraca lajur adalah kertas berkolom-kolom (berlajur-lajur) yang dirancang untuk menghimpun data-data akuntansi yang dibutuhkan pada saat perusahaan akan menyusun laporan keuangan dengan cara yang sistematis.
Fungsi Kertas Kerja
- Untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan,
- Untuk mengurangi kesalahan-kesalahan yang terjadi saat penyusunan penyesuian.
Bentuk-Bentuk Kertas Kerja
Dapat dibuat dalam bentuk 6 kolom, 8 kolom, 10 kolom dan 12 kolom.
Contoh:
a. Bentuk 6 kolom
No |
Nama Akun |
Neraca Sisa |
Laba-Rugi |
Neraca |
D |
K |
D |
K |
D |
K |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Bentuk 8 kolom
No |
Nama Akun |
Neraca Sisa |
Penyesuaian |
Laba-Rugi |
Neraca |
D |
K |
D |
K |
D |
K |
D |
K |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Bentuk 10 kolom
No |
Nama Akun |
Neraca Sisa |
Ayat Penyesuaian |
Neraca Penyesuaian |
Laba-Rugi |
Neraca |
D |
K |
D |
K |
D |
K |
D |
K |
D |
K |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Bentuk 12 kolom
No |
Nama Akun |
Neraca Sisa |
Ayat Penyesuaian |
Neraca diskonto |
Laba-Rugi |
Modal |
Neraca |
D |
K |
D |
K |
D |
K |
D |
K |
D |
K |
D |
K |
Cara Menyusun Kertas Kerja
sebagai berikut:
- Menyiapkan judul dari kertas kerja yang meliputi : nama perusahaan, kertas kerja dan periode kertas kerja.
- Memasukkan sisa akun buku besar pada kolom daftar sisa.
- Memasukkan jurnal penyesuaian pada kolom penyesuaian.
- Kolom Neraca Sisa disesuaikan diisi dengan membandingkan antara neraca saldo dengan ayat penyesuaian.
- Saldo yang terdapat pada neraca sisa yang disesuaikan dipindahkan ke kolom neraca atau laba/rugi.
- Menjumlahkan kolom laba/rugi dan menentukan saldonya (laba/rugi): Bila saldo laba dipindahkan ke neraca sebelah kredit dan bila rugi dipindahkan ke neraca sebelah debit.
- Menjumlahkan kolom neraca antara debet dan kredit.