Bagian Penting dari Worksheet Microsoft Excel
Lembar kerja tersusun atas beberapa bagian penting, antara lain:
1. Cell
Setiap lembar kerja Microsoft Excel terdiri atas ribuan persegi panjang yang disebut sel. Setiap sel merupakan persimpangan dari baris dan kolom. Kolom diidentifikasi dengan huruf (A, B, C, dan seterusnya), sedangkan baris diidentifikasi dengan angka (1, 2, 3 dan seterusnya).
Sel-sel dalam suatu lembar kerja masing-masing memiliki nama atau alamat berdasarkan pada kolom dan barisnya. Sebagai contoh, sel yang berpotongan pada kolom C dan baris 5, maka nama/alamat tersebut adalah C5, alamat sel yang sedang aktif akan muncul di kotak nama.
2. Range
Kamu dapat memilih sekelompok sel sekaligus. Sekelompok sel inilaj yang dikenal sebagai range (rentang). Untuk merujuk alamat range, gunakan kisaran antara alamat sel pertama sampai dengan alamat sel terakhir, yang dipisahkan dengan tanda baca titik dua (:). Misalnya, range yang meliputi sel A1, A2, A3, A4 dan A5 maka alamat rangenya adalah A1:A5. Perhatikan contoh di bawah ini.
Untuk memilih range, caranya adalah sebagai berikut:
2. Range
Kamu dapat memilih sekelompok sel sekaligus. Sekelompok sel inilaj yang dikenal sebagai range (rentang). Untuk merujuk alamat range, gunakan kisaran antara alamat sel pertama sampai dengan alamat sel terakhir, yang dipisahkan dengan tanda baca titik dua (:). Misalnya, range yang meliputi sel A1, A2, A3, A4 dan A5 maka alamat rangenya adalah A1:A5. Perhatikan contoh di bawah ini.
Untuk memilih range, caranya adalah sebagai berikut:
- Klik, tahan, dan geser mouse sampai semua sel yang ingin dipilih tersorot.
- Lepaskan tekanan pada tombol mouse. Sel-sel dalam range tersebut akan tetap tersorot sampai kamu mengklik salah satu sel atau memilih range yang baru.
3. Tab Sheet
Setiap file Microsoft Excel mampu menampung beberapa lembar kerja (worksheet). Pada saat membuka file Excel, secara default Excel menyediakan tiga buah tab sheet, yaitu sheet 1, sheet 2, dan sheet 3 ditambah satu tab lagi untuk menambahkan sheet baru ke dalam file Excel.
Nama-nama sheet tersebut dapat diubah sesuai dengan keinginanmu. Untuk mengubah namanya, kamu juga dapat menghapus, menyembunyikan, melindungi, mengubah warna, atau memindahkan tab sheet melalui menu yang sama pada saat kamu mengklik kanan tab sheet.