Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Kedaulatan Suatu Negara Dapat Hilang

Kedaulatan yang dimiliki suatu negara dapat hilang apabila terjadi hal-hal berikut.
  • Kalah perang dengan negara lain
Apabila suatu negara mengalami kekalahan perang dengan negara lain, kekuasaan pemerintahan negara yang kalah dipegang oleh negara yang menang. Negara kalah perang akan mengikuti keinginan negara pemenang. Negara pemenang memiliki kekuasaan lebih tinggi sehingga kedaulatan negara terjajah akan hilang.
  • Bergabung dengan negara lain untuk membentuk suatu negara baru
Sebuah negara yang bergabung dengan negara lain untuk membentuk suatu negara baru dalam suatu federasi akan kehilangan kedaulatannya. Keputusan tersebut menyebabkan negara yang bergabung akan menjadi sebuah negara bagian. Dengan demikian, kedaulatannya akan hilang.
  • Wilayah memisahkan diri dari kesatuan suatu negara
Kedaulatan negara akan hilanf apabila sebuah wilayah memisahkan diri dari kesatuan suatu negara dan menyatakan kemerdekaannya secara langsung dan terbuka. Negara yang bersangkutan harus memperjuangkan kedaulatannya sendiri untuk diakui oleh negara-negara yang berdaulat.
  • Adanya intervensi dari pihak lain
Intervensi merupakan suatu perbuatan atau campur tangan suatu negara, badan, atau lembaga terhadap sebuah permasalahan atau pertikaian dalam sebuah negara atau antarnegara. Tindakan tersebut sering merugikan salah satu pihak. Intervensi tersebut bahkan dapat mendorong terjadinya disintegrasi bangsa yang berarti hilangnya kedaulatan atas wilayah negara yang memisahkan diri.