Indonesia pernah mengalami serangkaian serangan terorisme.

Dalam aksi teror tersebut bahkan mengakibatkan korban tewas dan luka-luka. Contoh kasus tersebut merupakan salah satu bentuk tantangan eksternal Wawasan Nusantara, yaitu
paham ekstrimisme
Pembahasan:
Tantangan eksternal merupakan tantangan yang berasal dari luar negeri. Tantangan eksternal Wawasan Nusantara sebagai berikut.
1) Pengaruh negatif masuknya budaya asing. Tidak semua budaya yang datang dari luar itu buruk, dan tidak semua baik. Pengaruh negatif budaya asing dapat menyebabkan lunturnya budaya bangsa.
2) Adanya invasi dari negara lain. Invasi adalah bentuk agresi berskala paling besar dengan menggunakan kekuatan militer bersenjata yang dikerahkan untuk menyerang dan menduduki wilayah negara lain.
3) Munculnya paham ekstrimisme, radikalisme, atau aksi teror bersenjata. Aksi teror bersenjata adalah bentuk kegiatan terorisme yang mengancam keselamatan bangsa dengan menebarkan rasa takut yang mendalam serta menimbulkan korban tanpa kenal perikemanusiaan.
4) Munculnya spionase. Spionase merupakan kegiatan yang biasanya dilakukan oleh agen rahasia dalam mencari dan mendapatkan rahasia pertahanan negara dari negara lain. Kegiatan spionase dilakukan secara tertutup dengan menggunakan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kegiatan spionase tidak mudah dideteksi, seperti pesawat pengintai dan melalui dunia maya.