Dampak objek fisik media massa

Steven H. Chaffee dalam Mass Communication Review Yearbook I menyebut empat dampak kehadiran media massa sebagai objek fisik, yaitu sebagai berikut.

1. Dampak Ekonomis
    Kehadiran media massa menimbulkan dampak secara ekonomis, yakni menggerakan usaha dalam berbagai sektor, seperti produksi, distribusi dan konsumsi jasa media massa.
   Sebagai ilustrasi, kehadiran surat kabar membuka kesempatan lapangan kerja bagi wartawan, perancang grafis, distributor, pengecer dsb. Selain itu, kehadiran televisi membuka kesempatan kerja bagi juru kamera, reporter, penyiar, dan profesi lainnya.

2. Dampak Sosial
    Kehadiran media massa telah membawa perubahan pada struktur atau interaksi sosial. Pemilikan media massa seperti tv, radio, internet secara tidak langsung telah meningkatkan status pemiliknya.

3. Dampak pada Penjadwalan Kegiatan
    Kehadiran media massa ternyata dapat mengubah jadwal kegiatan sehari-hari masyarakat. Sebagai gambaran, Pak Pongky sebelum memiliki televisi biasa tidur pukul 20.00. Tetapi, setelah memiliki TV, jam tidurnya berubah karena ada acara"World Cup" pukul 21.00. Atau perubahan jadwal tayang hingga larut malam.

4. Media massa sebagai penyaluran perasaan tertentu
    Sering kali orang menggunakan media untuk menghilangkan rasa tertentu, seperti kesepian, kecewa, bosan dan sebagainya.