Komunikasi Antarpribadi dilihat dari hubungan(pasangan)

Perspektif yang memandang komunikasi antarpribadi berdasarkan hubungan yang terjadi di antara pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan komunikasi adalah perspektif rasional.

Menurut perspektif rasional, komunikasi antarpribadi didefinisikan sebagai komunikasi yang terjadi di antara dua orang yang mempunyai hubungan yang terlihat jelas di antara mereka. Komunikasi antarpribadi yang tercakup di sini adalah komunikasi antara dua orang bersaudara, seorang guru dan seorang murid, dua orang teman, sepasang kekasih dan sebagainya. Karena melibatkan hubungan antara dua orang yang berinteraksi, maka seringkali definisi ini disebut sebagai definisi pasangan(diadik) komunikasi antarpribadi.

Perlu diingat bahwa tiga definisi komunikasi antarpribadi ini tidak harus dipisah dan dibedakan. Semuanya berguna untuk menjelaskan tentang komunikasi antarpribadi, meskipun setiap definisi memberikan penerangan yang sedikit berbeda. Definisi berdasarkan"proses pengembangan" menekankan proses interaksi yang seringkali diawali dengan situasi impersonal meningkat menjadi interpersonal. Definisi berdasarkan komponen-komponennya menjelaskan berbagai komponen dalam proses komunikasi antarpribadi. Dan, definisi relasional memberikan pandangan bahwa melalui komunikasi antarpribadi, hubungan antara dua orang dapat dibentuk.