Landasan Sejarah

Dari sejarah upaya bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan serta menegakkan negara Indonesia. Berturut-turut dapat Anda catat:
(1) Upaya para pahlawan pada masa penjajahan Belanda seperti Cut Nyak Dien, Imam Bonjol, Diponegoro, Pattimura dan sebagainya.
(2) Gerakan pemuda dengan mendirikan Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908, yang bertujuan menyatukan bangsa Indonesia melalui pendidikan dan pengajaran. Gerakan ini merupakan perwujudan kebangkitan nasional.
(3) Ikrar para pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 yang Anda kenal sebagai Sumpah Pemuda.
(4) Semangat pemuda yang memuncak pada zaman pemerintahan penjajahan Jepang dengan mempersiapkan kemerdekaan tanah air Indonesia.
(5) Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.
(6) Perjuangan bangsa Indonesia pada awal masa kemerdekaan untuk melawan Belanda yang ingin kembali menguasai Indonesia.
(7) Perjuangan bangsa Indonesia menghadapi pengkhianatan, pemberontakan, dan penyelewengan.
            Perjuangan keras yang menuntut pengorbanan besar telah mengantarkan bangsa Indonesia kepada yang lebih baik, yang memungkinkan untuk melakukan upaya pembangunan guna menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara serta mencapai cita-cita bangsa. Namun, pembangunan itu tidak mungkin berlangsung terus jika pemuda/mahasiswa sebagai generasi penerus tidak berperan serta. Sehubungan dengan hal di atas sangat penting arti upaya pemuda/mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk melanjutkan upaya pembangunan yang telah dilakukan oleh generasi yang lebih tua. Dalam hal ini dengan mengikuti pendidikan kewarganegaraan, anda sebagai calon pemimpin di masa datang, diharapkan dapat membentuk sikap positif, dengan penuh kesetiaan dan pengabdian serta dalam upaya pembelaan negara dan bangsa melalui karya dalam bidang profesi Anda. Bangsa dan negara Indonesia adalah milik Anda; Andalah yang berhak dan berkewajiban menjaga kelangsungan hidupnya.