Jenis alinea menurut posisi kalimat topiknya

Berdasarkan posisi kalimat topik, alinea dapat dibedakan atas empat macam, yaitu

a. Alinea deduktif
Apabila kalimat pokok ditempatkan pada bagian awal alinea akan terbentuk alinea yang bersifat deduktif, yaitu cara penguraian yang menyajikan pokok permasalahan lebih dahulu, lalu menyusul uraian yang terinci mengenai permasalahan atau gagasan alinea(urutan umum-khusus).

b. Alinea deduktif
Apabila kalimat pokok ditempatkan pada akhir alinea akan terbentuk alinea induktif, yaitu cara penguraian yang menyajikan penjelasan terlebih dahulu, barulah diakhiri dengan pokok pembicaraan(urutan khusus-umum). Penyajian alinea dengan cara ini lebih sulit jika dibandingkan dengan alinea deduktif, tetapi alineanya akan terasa lebih argumentatif.

c. Alinea deduktif-induktif
Apabila kalimat pokok ditempatkan pada bagian awal dan akhir alinea terbentuklah alinea campuran. Kalimat pada akhir alinea lebih bersifat mengulang atau menegaskan kembali gagasan utama yang terdapat pada awal alinea.

d. Alinea penuh kalimat topik
Seluruh kalimat yang membangun alinea sama pentingnya sehingga tidak satu pun kalimat yang khusu menjadi kalimat topik. Kondisi demikian itu bisa terjadi akibat sulitnya menentukan kalimat topik karena kalimat yang satu dan lainnya sama-sama penting. Alinea semacam ini sering dijumpai dalam uraian-uraian yang bersifat deskriptif dan naratif.