Sistem Reproduksi Aseksual (Monogoni)

Beberapa cara reproduksi aseksual yang dikenal dalam dunia hewan adalah sebagai berikut:

1. Pembelahan biner
    Cara ini ditemukan, misalnya pada Paramecium. Satu individu membelah menjadi dua sama besar dan selanjutnya masing-masing belahan akan tumbuh ke ukuran semula.
2. Sporulasi atau pembelahan multipel
    Cara ini dijumpai, misalnya pada Plasmodium. Nukleus membelah berulang-ulang, kemudian sitoplasma mengalami fragmentasi sedemikian rupa sehingga setiap bagiannya mengelilingi tiap-tiap anak inti yang banyak jumlahnya tadi.
3. Pembentukan tunas.
Tipe reproduksi ini merupakan pembentukan individu baru sebagai hasil suatu penonjolan atau pertunasan yang terbentuk pada tubuh hewan yang lebih tua. Contoh: Porifera, coelenterata, Bryozoa, dan Tunicata akan membentuk koloni-koloni yang tersusun atas sejumlah besar individu. Porifera perairan tawar juga membentuk tunas internal yang disebut gemmule. Gemmule terdiri atas beberapa sel yang terselubung bersama dalam suatu selubung yang padat. Gemmule ini akan melepaskan diri untuk kelak membentuk individu baru.
4. Fragmentasi
Pada beberapa cacing Turbellaria dan cacing Nemertinea, suatu individu dapat melangsungkan fragmentasi atas tubuhnya menjadi dua atau tiga bagian. Bagian-bagian ini selanjutnya akan dapat tumbuh menjadi satu hewan yang lengkap seperti semula.