Tujuan dan Manfaat membaca

Berkaitan dengan membaca cepat, ada tujuan dan manfaat yang dapat diperoleh.
1. Mengenali topik bacaan. Anda pergi ke toko buku atau perpustakaan. Anda ingin mengetahui apa yang dibahas dalam buku yang Anda pilih. Untuk keperluan tersebut, Anda melakukan membaca cepat beberapa menit (browsing) untuk melihat bahan yang dibaca. Sekedar untuk mengetahui isi bacaan. Hal ini juga dapat dilakukan ketika akan memilih artikel di majalah dan surat kabar(Kliping).
2. Mengetahui pendapat orang(opini). Di sini Anda ingin mengetahui yang pendapat penulis itu terhadap masalah tersebut. Untuk itu Anda tinggal membaca tulisan tajuk surat kabar. Anda mungkin cukup membaca paragraf pertama atau akhir yang biasanya memuat kesimpulan yang dibuat oleh penulisnya(redaksi).
3. Mendapatkan bagian penting yang diperlukan. Anda perlu melihat semua bahan itu untuk memilih ide yang bagus, tetapi tidak perlu membaca setiap kata, kalimat bahkan alinea secara lengkap.
4. Mengetahui organisasi penulisan. Dengan membaca cepat dapat segera diketahui urutan ide pokok dan cara semua itu disusun dalam kesatuan pikiran, dan mencari hubungan antarbagian dalam bacaan itu.
5. Melakukan penyegaran atas apa yang pernah dibaca. Misalnya dalam mempersiapkan ujian atau sebelum menyampaikan ceramah.