Macam-Macam Energi Beserta Contohnya

Bentuk-bentuk energi sebagai berikut:
  1. Energi panas, yaitu energi dalam bentuk panas. Contoh sumber energi panas: matahari, api, atau benda panas lainnya.
  2. Energi kimia, yaitu energi yang timbul akibat reaksi kimia di dalam tubuh manusia dan energi kimia di dalam tubuh manusia dan energi kimia dalam bahan bakar. Sumber energi kimia: makanan, baterai, aki dan bahan bakar minyak(solar, bensin).
  3. Energi listrik, yaitu energi yang dimiliki arus listrik. Peralatan setrika, televisi, mesin cuci, kulkas, dan kipas angin memerlukan energi listrik. Sumber energi listrik: baterai dan aki, dinamo dan generator, sel surya dan nuklir.
  4. Energi bunyi, yaitu energi yang dimiliki oleh bunyi. Contohnya petir dapat menggetarkan kaca jendela. Sumber energi bunyi: radio, alat-alat musik, halilintar, pita suara manusia, dan pesawat jet.
  5. Energi cahaya, yaitu energi yang dimiliki cahaya. Contohnya pemotongan logam menggunakan sinar laser. Sumber energi cahaya: lampu, sinar matahari, dan laser.
  6. Energi nuklir, yaitu energi yang terdapat pada inti atom. Contohnya bom atom. Sumber energi atom: unsur kimia radioaktif.
  7. Energi kinetik, yaitu energi yang timbul karena adanya gerak. Mobil yang melaju, orang berlari, dan batu yang terlontar memiliki energi kinetik. Semua benda yang bergerak merupakan sumber energi kinetik.
  8. Energi potensial, yaitu energi yang dimiliki benda saat diam. Contohnya energi potensial pegas dan energi potensial gravitasi.