Jumlah Spesies Avertebrata dan Vertebrata

Cnidaria adalah kelompok hewan yang lebih kompleks daripada Porifera. Kelompok ini beranggotakan sekitar 9000 spesies, dengan rongga utama untuk pencernaan makanan dan peredarannya( ='gastrovascular cavity')

Platyhelminthes adalah kelompok cacing pipih, dengan beranggotakan sekiar 20.000 spesies, yang kebanyakan hidup parasitik, kecuali cacing pipih dari Turbellaria.

Nematoda atau cacing gilik, juga hidupnya parasitik baik pada tumbuhan maupun hewan. Nematoda beranggota sekitar 10.000 spesies.

Mollusca adalah kelompok hewan yang jumlah spesies terbesar lebih dari 100.000. Hewan ini disebut sebagai hewan kosmopolit karena ditemukan di semua habitat di bumi.

Arthropoda lebih dari 900.000. Walaupun Arthropoda tubuhnya juga bersegmen, segmentasinya hanya eksternal saja. Ciri khas yang menonjol pada Arthropoda ini adalah terdapatnya rangka luar(exoskeleton) yang membungkus tubuhnya.

Annelida yang beranggota sekitar 9000 spesies adalah cacing bersegmen internal-eksternal, dan juga ditemukan di semua habitat.

Echinodermata, walaupun mereka termasuk kelompok hewan lebih maju (=sejajar dengan Chordata), anggota-anggotanya yang berjumlah sekitar 5000 spesies tidak memperlihatkan adanya sefalisasi.

Chordata memperlihatkan dengan jelas adanya sefalisasi dan semua anggotanya memiliki tulang punggung(chordata dosalis). Mereka adalah ikan(18000 spesies), Amphibi(3000 spesies), Reptilia(6000 spesies), Aves(9000 spesies), dan Mammalia(4500 spesies).