Tipe Jaringan Sederhana pada Tumbuhan

Ada tiga tipe jaringan sederhana yaitu
  1. Parenkim merupakan jaringan sederhana yang menempati sebagian besar pada akar, batang, daun, dan daging buah. Umumnya jaringan parenkim menyusun sebagian besar tubuh tumbuhan, misalnya empulur(pith) pada akar atau batang, mesofil pada daun, korteks dan lain-lain. Bila jaringan parenkim mengandung kloroplas maka disebut dengan jaringan klorenkim. Kemampuan lain masih sanggup membelah walaupun selnya matang. Oleh karena itu jaringan ini berfungsi dalam regenerasi tumbuhan misalnya untuk menutup luka pada batang. Di samping itu sel-sel parenkim dapat pula berdiferensiasi menjadi kelenjar sehingga dapat berfungsi dalam proses sekresi.
  2. Kolenkim terdiri dari sel-sel yang hampir menyerupai sel-sel parenkim berbentuk memanjang dengan berdinding primer yang tidak merata sehingga mempunyai penebalan pada pojok-pojoknya. Dinding sel terdiri dari selulosa dan pektin. Berupa sel hidup dan berfungsi sebagai penyokong. Letak dari jaringan kolenkim biasanya di bawah jaringan dermis. Umumnya tetdapat pada tumbuhan yang masih muda atau tumbuhan herba.
  3. Sklerenkim terdiri dari sel-sel yang telah menjadi keras, merupakan sel-sel mati dengan dinding yang berlignin tebal. Ada dua tipe sklerenkim yaitu bentuk serabut dan sklereid(sel batu).