Pemanfaatan Bagian Tubuh Hewan

Manusia sering memanfaatkan bagian tubuh hewan dengan melakukan perburuan liar. Mereka memburunya untuk mendapatkan keuntungan. Manusia tidak peduli dengan kerusakan lingkungan akibat perbuatannya.
a. Rusa
Rusa memiliki dua tanduk di kepalanya. Tanduk rusa diburu manusia untuk dijadikan hiasan. Tanduk ini juga dimanfaatkan untuk membuat kancing baju dan gagang pisau. Selain itu, kelenjar perut rusa dapat dibuat minyak. Minyak ini digunakan sebagai obat dan parfum. Kulit rusa untuk membuat sepatu atau sarung tangan.
b. Hiu
Hiu diburu untuk diambil daging, sirip dan tulangnya. Sirip dan daging hiu untuk makanan yang lezat. Tulang rawan hiu dapat menyembuhkan penyakit tulang dan persendian. Selain itu, hati hiu juga diburu. Minyak hati hiu diyakini dapat mencegah kanker. Sementara itu, isi perut ikan hiu dapat untuk pembuatan kecap.
c. Harimau
Harimau diburu untuk diambil kulit, tulang, dan taringnya. Kulit harimau dijadikan perhiasan. Tulang dan taring harimau untuk pengobatan tradisional.
d. Gajah
Gajah diburu untuk diambil gadingnya. Gading gajah dapat dijadikan perhiasan rumah.
e. Ular
Ular diburu untuk diambil daging dan kulitnya. Daging ular dijadikan minyak ular yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit.
f. Burung Merak
Burung merak diburu untuk mendapatkan bulunya yang menarik.