Pemanfaatan Bagian Tubuh Tumbuhan

Tumbuhan mempunyai bagian-bagian tubuh yang dapat dimanfaatkan oleh manusia:
a. Akar
Akar beberapa tumbuhan dapat dimanfaatkan manusia sebagai bahan makanan. Misalnya akar ketela pohon(umbi) dan wortel.
b. Batang
Batang tumbuhan dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan, bahan bangunan, berbagai mebel, dan minyak wangi. Batang tumbuhan yang digunakan sebagai bahan makanan misalnya kentang, sagu, dan tebu. Batang tumbuhan yang digunakan sebagai bahan bangunan misalnya jati, kelapa, dan bambu. Batang tumbuhan yang digunakan sebagai bahan baku mebel yaitu jati dan sengon. Batang tumbuhan yang digunakan sebagai bahan baku minyak wangi yaitu gaharu dan cendana.
c. Daun
Daun tumbuhan dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan, penyedap makanan, dan obat-obatan. Daun tumbuhan yang digunakan sebagai penyedap makanan yaitu daun salam dan daun pandan. Daun tumbuhan yang digunakan sebagai bahan obat-obatan misalnya daun sirih dan jambu biji. Daun sirih untuk mengobati gatal-gatal dan daun jambu biji untuk mengobati diare.
d. Buah
Sebagian besar buah tumbuhan dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Misalnya mangga, pisang, pepaya, jeruk dan apel.
e. Bunga
Sebagian besar bunga tumbuhan digunakan sebagai hiasan seperti bunga mawar, dahlia, dan melati. Ada juga yang dimanfaatkan sebagai bahan campuran pada rokok seperti bunga cengkih serta industri kosmetik seperti kenanga.
f. Biji
Biji beberapa jenis tumbuhan dapat digunakan sebagai bahan makanan, seperti biji kacang tanah, jagung, dan padi. Ada juga biji tumbuhan yang digunakan sebagai bahan baku membuat minuman seperti biji kopi.