Teknik Daya Tarik Pesan

Ada beberapa teknik penampilan yang dapat digunakan dalam penyusunan suatu pesan mengenai ide atau produk. Teknik-teknik tersebut, antara lain adalah:
      Fear(threat) appeals, adalah suatu penampilan pesan yang menonjolkan unsur-unsur"ancaman","bahaya", atau hal-hal yang dapat menimbulkan rasa takut. Misalnya: kita akan merancang pesan tentang program KB yang mengikuti pendekatan ini.
      Emotional appeals memberikan penekanan pada hal-hal yang bersifat emosional. Penyajian pesan yang diarahkan pada upaya memberikan gambaran tentang keindahan, kesedihan, kasih sayang, cinta, dan hal-hal lainnya yang menyangkut perasaan, termasuk penyajian pesan yang mengikuti model emotional appeals
       Rational appeals mengutamakan hal-hal yang logis rasional dan faktual. Yang ditonjolkan di sini adalah gambaran peristiwa sebenarnya, fakta dan/atau argumentasi logis. Misalnya: apabila kita merancang pesan mengenai program KB maka akan kita tonjolkan.
        Humor appeals menunjuk pada suatu teknik penyajian pesan yang disusun secara"humoris". Sifat humor dapat disajikan dalam bentuk kata-kata, kalimat-kalimat, gambar-gambar(misalnya menampilkan gambar karikatur, gambar/foto tokoh pelawak yang terkenal) atau bentuk simbol-simbol lainnya yang menimbulkan suasana lucu.