Fungsi Komunikasi Massa Terhadap Individu

Menurut Samuel L. Becker(1985) ada tujuh fungsi komunikasi massa terhadap individu:

1. Pengawasan atau pencarian informasi
     Segala informasi yang menyangkut kehidupan manusia selalu dilaporkan oleh media massa. Oleh karena itu, hal ini telah memberikan pengetahuan bagi setiap orang. Di samping itu, segala informasi yang dibutuhkan oleh masing-masing orang akan membantu memberikan pemahaman yang lebih jauh. Dengan mengetahui segala informasi yang ada akan dapat membantu seseorang dalam berbuat sesuatu, mengambil keputusan, dan memiliki kepercayaan dalam perillakunya.

2. Mengembangkan Konsep Diri
    Setiap individu akan selalu mencari(mengeksplorasi) segala informasi yang berhubungan dengan pekerjaannya atau profesi yang disandangnya. Hal-hal ini dapat diperoleh dari media massa yang ada. Dengan semakin berkembangnya berbagai media massa, baik media massa cetak maupun media massa elektronika, setiap orang akan dengan mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Dengan demikian, dapat membandingkan atau mempertentangkan segala informasi yang didapatkan itu. Akhirnya, akan membantu dalam mengambil keputusan dan berbuat secara profesional, sesuai dengan pekerjaannya. Media massa akan membantu mengembangkan konsep diri dari masing-masing orang.

3. Fasilitasi dalam Hubungan Sosial
    Media massa juga membantu kita dalam pergaulan sosial. Karena media massa selalu menyediakan topik-topik yang dapat menjadi pembicaraan hangat dalam setiap pergaulan kita dengan orang-orang lain. Contohnya, kita selalu memperbincangkan atau mendiskusikan hal-hal yang menjadi agenda media massa, seperti kasus HAM, pemilu, dan demokrasi.

4. Substitusi dalam Hubungan Sosial
    Dalam hubungan pergaulan dengan teman lain kita akan terlibat secara psikologis dengan hubungan akrab tersebut. Aspek-aspek psikologi dalam hubungan sosial ini sering kita dapatkan atau temui dalam isi pesan media massa. Misalnya, kita terlibat secara serius ketika menonton film keluarga, sampai-sampai kita mengeluarkan air mata karena terharu. Sebaliknya, kita sering kali benci dan gemas kepada tokoh tertentu dalam suatu film di televisi atau tokoh cerita di radio.

5. Membantu melegakan emosi
    Dari berbagai jenis media massa yang ada, seperti koran, majalah, radio, televisi dan film, umumnya telah membantu kita dalam mencapai suasana menyenangkan, memberi hiburan, melepaskan emosi, atau membuat kita tertawa dan bergembira.

6. Sarana Pelarian dari Ketegangan dan Keterasingan
    Dalam menghadapi pekerjaan dan aktivitas sehari-hari sering kali kita stress(tegang), bahkan kita merasa terasing dengan pergaulan dengan teman-teman atau lingkungan di sekitar kita. Dalam kondisi ini kita akan mencari tempat pelarian dari rasa tegang dan terasing ini. Kemudian kita akan membaca koran, majalah, radio dan tv.

7. Sebagai Bagian dari Kehidupan Rutin atau Ritualisasi
    Dalam kehidupan rutin kita sehari-hari, media massa telah mengisi sebagian dari kebutuhan hidup. Setiap pagi kita tidak akan lupa menyempatkan waktu untuk membaca koran. Sore dan malam hari kita akan selalu menonton acara-acara tertentu seperti indonesian idol, bajaj bajuri dan lain sebagainya.