Cara Mengendarai Sepeda Motor Gigi

Pastikan standar samping sudah terlipat sepenuhnya. Jika standar samping masih diposisi turun, dapat mengganggu kendali Anda pada saat belok ke kiri.
  1. Panaskan mesin.
  2. Dengan mesin berputar stasioner, masukkan gigi 1 dengan menekan bagian depan pedal pemindah gigi transmisi ke bawah.
  3. Dengan perlahan putar gas tangan untuk mengawali pergerakan sepeda motor dengan halus, dan setelah sepeda motor mencapai kecepatan sedang, tutup gas tangan dan tekan bagian depan pedal pemindah gigi transmisi dengan jari-jari kaki untuk memasukkan ke dalam gigi 2.
  4. Urutan ini diulangi untuk secara bertahap mengganti gigi ke gigi berikutnya yang lebih tinggi.
  5. Mengganti gigi ke bawah dilakukan dengan menekan pedal pemindah gigi bagian belakang.
  6. Koordinasikan gas tangan dari rem untuk mengurangi kecepatan dengan halus.
  7. Kedua rem depan dan belakang harus dipergunakan bersamaan dan tidak boleh diterapkan terlalu keras sehingga mengunci roda, karena efektivitas pengereman akan berkurang dan sepeda motor akan sulit dikendalikan.
Pemindahan Gigi
Pengoperasikan pindah gigi berbeda pada saat berhenti dan pada saat bergerak. Ketika sepeda motor berhenti, transmisi dapat langsung dipindahkan dari gigi 4 ke netral dengan sistem rotari 4 langkah.
Sewaktu sepeda motor bergerak, sistem pengembalian 4 langkah digunakan. Transmisi tidak dapat dipindahkan langsung dari gigi 4 ke netral. 
• Selalu tutup putaran gas tangan dulu sebelum memindah gigi.
• Sentuh pedal pemindah gigi dengan ringan dengan ujung jari-jari kaki sampai pedal tertekan ke bawah.
• Hindari pemindahan gigi yang tidak diperlukan dan jangan mengendarai sepeda motor dengan kaki Anda di atas pedal pemindah gigi oleh karena ini dapat merusak mekanisme penggantian gigi dan mekanisme kopling.
Cara pemindahan gigi yang benar dapat mencegah kerusakan pada mesin dan transmisi.