Entah kenapa akhir-akhir ini aku merasa jauh dari ibuku.

Padahal, aku tinggal serumah dengannya. Setiap saat, aku tinggal serumah dengannya. Setiap saat, aku ingin sekali bersama ibuku. Hingga saat kemarin di hari Minggu, aku seharian bersama ibuku. Dari bangun tidur hingga aku tidur kembali, tak pernah aku tak berada di sampingnya. Perasaan gembira di hari kemarin terbawa saat aku di sekolah. Namun, semua berubah ketika aku pulang dari sekolah. Aku melihat bendera kuning di ujung gangku. Aku segera berlari menuju rumahku yang telah ramai. Aku mendapati adik dan kakakku menangis. Sementara, ayahku sibuk dengan beberapa tokoh agama di wilayahku.

Makna simbol bendera kuning pada kutipan cerpen tersebut adalah
telah ada yang meninggal
Pembahasan:
Menentukan makna simbol dapat dilakukan dengan memahami konteks atau maksud teks yang disajikan. Selain itu, pengetahuan yang luas memudahkan untuk memahami simbop tersebut. Di beberapa daerah di Indonesia, bendera kuning menyimbolkan bahwa ada orang yang meninggal.