Sudah sekian lama peperangan terjadi antara kedua negara tetangga tersebut.

Sudah sekian lama peperangan terjadi antara kedua negara tetangga tersebut. Aku dan keluargaku pun harus mengungsi akibat perang tersebut. Banyak gedung bertingkat di pusat kota yang hancur berantakan. Sebagai petugas media, aku harus tetap membantu siapa saja yang membutuhkan pertolongan. Namun, kedua negara akhirnya menarik pasukan perangnya.

Bertempat di sebuah gedung pusat kota, pemimpin kedua negara tersebut menandatangani surat perjanjian gencatan senjata. Sementara itu, di luar gedung, banyak warga melepaskan burung merpati. Mereka membiarkan burung tersebut terbang bebas ke udara. Negara tetangga pun memberi ucapan selamat atas terlaksananya gencatan senjata.

Tentukan makna dari simbol pelepasan burung merpati berdasarkan teks tersebut.

Pembahasan:
Menentukan makna simbol dalam teks dilakukan dengan membaca secara cermat dan memperhatikan maksud kalimatnya. Makna simbol pelepasan burung merpati pada teks tersebut perdamaian. Hal tersebut didukung dengan penandatanganan surat gencatan senjata yang berarti penghentian perang. Jawaban yang tepat adalah pelepasan burung merpati merupakan simbol perdamaian. Hal tersebut juga mengisyaratkan bahwa negara bebas dari tekanan yang diberikan oleh negara masing-masing.