Karena suatu perseteruan yang dahsyat, terjadilah lomba lari antara Sapi dengan Kerbau.

Kerbau sangat ingin menang. Hal ini bertujuan agar semua hewan segan padanya. Kerbau pun telah membuat jebakan-jebakan agar Sapi terhambat dalam berlari. Sementara itu, Sapi memilih untuk melakukan pemanasan sebelum berlomba.

Saat perlombaan berlangsung, Sapi selalu menghindari jebakan Kerbau. Meski tertinggal dari Kerbau, Sapi terus berlari dengan semangat. Sapi pun dapat menyusul Kerbau. Di dekat area menuju garis finis, Kerbau telah membuat rencana. Kerbau meletakkan air minum yang berisikan obat tidur. Meski Kerbau berteriak agar Sapi meminum air tersebut, Sapi pun tidak meminumnya. Akhirnya, Sapi sampai garis finis dan menjadi pemenang.

Pesan yang hendak disampaikan penulis melalui cerita tersebut adalah
Jangan meremahkan atau merendahkan orang lain.
Pembahasan:
Simpulan tersirat dalam cerita dapat berupa pesan atau nilai moral. Pesan tersebut tidak disampaikan secara tersurat sehingga harus dipahami dengan membaca cerita dengan saksama. Teks tersebut menceritakan Sapi yang berjuang keras memenangkan perlombaan melawan Kerbau. Kerbau menganggap dirinya hebat dan merebahkan Sapi. Namun, Sapi justru memenangi lomba tersebut.