Kata-kata kunci dalam ketahanan nasional

Dengan singkat dapat dikatakan bahwa ketahanan nasional ialah kemampuan dan ketangguhan suatu bangsa untuk dapat menjamin kelangsungan hidupnya, menuju kejayaan bangsa dan negara(kemampuan mengejar cita-cita nasional).

Untuk dapat memahami konsep ketahanan nasional tersebut berikut ini diterjemahkan kata-kata kunci dalam konsep Ketahanan Nasional.
  1. Keuletan merupakan kualitas diri, masyarakat dan bangsa yang menunjukkan kemampuan mengobservasi dampak ATHG untuk kemudian di atasi.
  2. Ketangguhan adalah kualias yang menunjukkan kekuatan atau kekokohan sebagaimana dipersepsikan dari luar oleh pihak lain. Jadi ketangguhan sifatnya memancar ke luar yang bilamana diproyeksikan sampai ke tingkat bangsa dan negara, maka kualitas ketangguhan memberikan dimensi kekuatan penangkalan.
  3. Ancaman merupakan hal atau usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan dan dilaksanakan secara konsepsional kriminal serta politis.
  4. Tantangan merupakan hal atau usaha yang bertujuan atau bersifat menggugah kemampuan.
  5. Hambatan merupakan hal atau usaha yang bersifat atau bertujuan melemahkan atau menghalangi secara tidak konsepsional yang berasal dari diri sendiri.
  6. Gangguan adalah hambatan yang berasal dari luar yang bertujuan melemahkan atau menghalangi secara tidak konsepsional.
  7. Identitas adalah ciri khas suatu bangsa dilihat secara keseluruhan yang membedakannya dengan bangsa lain.
  8. Integritas adalah kesatuan(kebulatan) yang menyeluruh dalam kehidupan nasional suatu bangsa, baik itu aspek alamiah maupun aspek sosial.