Letak Kondisi Geografis Indonesia

Kepulauan NUSANTARA merupakan kepulauan terbesar di dunia. Bentuknya memanjang di sekitar katulistiwa. Panjang kepulauan Nusantara ini setara dengan jarak pantai Timur ke pantai Barat Amerika Serikat atau jarak Moskow(Rusia) - London(Inggris).
           Negara kepulauan yang luas dan jumlah penduduk yang besar(ke -4 dunia) kalau kita perinci karakteristik geografi dan penduduknya adalah sebagai berikut:
1. Panjang wilayah 1/8 katulistiwa(1/8 x 40.000 km).
2. Jarak terjauh Utara-Selatan 1.118 km dan jarak terjauh Timur-Barat 5.110 km.
3. Dilalui oleh garis Katulistiwa, berada di antara 6° Lintang Utara - 11° Lintang Selatan; 95° Bujur Timur - 141° Bujur Timur.
4. Berada di antara dua benua Asia - Australia; dan di antara dua buah samudra yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.
5. Terdiri atas 17.508 buah pulau besar dan kecil.
6. Luas daratan + 1,9 juta km dan luas perairan 2/3 dari seluruh wilayah.
7. Indonesia bagian barat dominan daratan daripada perairan, sedangkan Indonesia bagian Timur lebih dominan perairan daripada daratan.
8. Pada umumnya tanahnya subur, kecuali di beberapa tempat di Kalimantan dan Irian.
9. Bumi mengandung kekayaan alam(mineral yang potensial). Dari 11 mineral terpenting di dunia, 7 jenis terdapat di Indonesia.
10. Penduduk yang cukup besar menduduki urutan ke-4 di dunia. Pada tahun 2000 diperkirakan sudah mencapai 200 juta jiwa. Namun dari jumlah penduduk yang besar tersebut penyebarannya tidak merata. Daerah Jawa, Madura, Bali dan Lombok(JAMBAL) dikategorikan sebagai daerah terpadat, sedangkan daerah lainnya masih jarang penduduknya.