Pola Operasi Sosial Politik ABRI

a. Pola operasi sospol adalah suatu rangkaian konsepsi operasi penyelesaian masalah sospol dengan menciptakan situasi dan kondisi sospol yang mantap dan dinamis dengan menggunakan kekuatan ABRI sebagai kekuatan sospol bersama kekuatan sosial lainnya untuk mencegah dan menetralisasi ancaman terhadap pembangunan dan stabilitas nasional yang dapat mengganggu dan menghambat tercapainya tujuan nasional. Masalah sospol dapat berupa perbedaan persepsi yang mendasar tentang Pancasila sebagai ideologi negara, keresahan sosial(dalam arti luas) yang dapat berkembang menjadi ancaman yang dapat membahayakan keselamatan bangsa dan negara, serta anasir-anasir subversi yang dapat menghambat dan mengganggu keberhasilan dan kesinambungan pembangunan nasional. Dengan mengkaji hakikat ancaman politik tersebut maka rangkaian konsepsi operasi yang dilaksanakan adalah:
  • Operasi penciptaan kondisi sosial politik yang menjamin stabilitas nasional dengan meningkatkan kepekaan pengamatan kondisi sosial politik agar dapat menemukan keresahan sosial secara dini,
  • Operasi pengendalian sosial politik dengan mengupayakan keterpaduan cara dan usaha antara ABRI, Pemerintah, dan kekuatan sosial lain mulai dari tingkat pusat sampai daerah dalam rangka menanggulangi hakikat permasalahan sosial politik.
  • Operasi pemantapan kondisi sosial politik dengan menggiatkan semua upaya pembinaan sosial politik secara terpadu dalam rangka mewjudkan kehidupan masyarakat yang stabil dan dinamis serta meningkatkan ketahanan nasional.