Pemilihan Karakteristik Kreatif

Karakteristik kreatif, yakni yang berkaitan dengan isi, bentuk dan teknis penyajian pesan, juga merupakan hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih media yang cocok. Dalam prakteknya, pemilihan suatu medium justru sering kali didasarkan atas karakteristik kreatif. Berikut adalah beberapa karakteristik kreatif yang perlu diperhatikan.
1. Kebutuhan Gerak
Apabila pesan yang akan disampaikan menuntut unsur gerak sebagai faktor yang utama maka media audio-visual, seperti TV dan film merupakan media yang tepat. Contoh: gambaran tentang balap mobil, iklan kendaraan bermotor, dan lain-lain.
2. Kebutuhan Warna
Apabila warna merupakan faktor yang ingin ditonjolkan dari suatu pesan maka TV, film dan juga majalah cocok untuk dipergunakan. Melalui media tersebut dapat ditampilkan gambaran tentang keindahan alam, iklan film foto berwarna, kosmetika, cat yang semuanya itu menonjolkan unsur warna.
3. Kebutuhan Suasana
     Apabila pesan yang akan disampaikan memberikan penekanan pada faktor suasana, misalnya gambaran tentang semakin padatnya penduduk, kemacetan lalu lintas maka media audio-visual, seperti TV dan film lebih cepat.
4. Kebutuhan Demonstrasi
Apabila pesan yang disampaikan menuntut adanya demonstrasi yang menggambarkan tata cara, proses atau hasil maka media audio-visual, seperti TV dan film lebih cepat. Contoh: penjelasan tentang cara memasak suatu jenis masakan, pelajaran menggambar, kegiatan koperasi.
5. Kebutuhan Deskripsi
Apabila pesan yang disampaikan memerlukan suatu uraian yang cukup eksplisit, komprehensif, sistematis dan rinci maka media cetak, seperti surat kabar, majalah, brosur dan leaflet lebih cocok. Karena media cetak memiliki kemampuan editorial yang lebih baik dibandingkan dengan media elektronika. Contoh: penjelasan tentang kontrasepsi KB, profil perusahaan dan produk-produk yang dihasilkannya.